Tentang BAUM

Tentang BAUM

TENTANG UNIT

BIRO ADMINISTRASI UMUM

PROFIL BIRO ADMINISTRASI UMUM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Kelembagaan Biro Administrasi Umum adalah unsur pelaksana administrasi universitas yang menyelenggarakan pelayanan teknis administrasi umum berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Wakil Rektor II. Secara umum Biro Administrasi Umum mempunyai tugas memberikan layanan administrasi umum di lingkungan universitas. Prinsip kerja Biro Administrasi Umum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara adalah memberikan layanan terbaik bagi seluruh sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara maupun pihak lain dalam hal sarana dan prasarana, pengurusan administrasi kepegawaian, dan layanan administrasi universitas secara umum.

Biro Administrasi Umum (BAUM) selain memberikan layanan administrasi umum dan Kepegawaian secara langsung juga berkerjasama dan berkoordinasi dengan Biro Administrasi Akademik (BAK), Biro Administrasi Keuangan (BAK), Biro Administrasi Akademik dan Data (BAAD),  dan Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA) serta lembaga dan unit kerja di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

 

VISI

BAUM

Biro Administrasi Umum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara memiliki visi mewujudkan biro pelayanan Administrasi Umum yang unggul dalam mendukung kelancaran penyelenggaraan dan pengembangan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

MISI

BAUM

Menyelenggarakan pelayanan administrasi yang cepat, berkualitas, dan ramah untuk menghasilkan daya saing, membangun perguruan yang sehat dan tata kelola yang baik.

TUGAS POKOK

BAUM

Membantu pimpinan universitas di bidang administrasi umum

FUNGSI

BAUM

Memberikan layanan Administrasi Umum di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Wewenang dan Tanggung Jawab

BAUM

Wewenang

  • Berwenang untuk mengambil kebijakan terhadap semua pekerjaan yang terkait dengan tugas-tugas administratif di lingkungan BAU.
  • Berwenang untuk mengadakan rapat koordinasi dengan Kabag dan staf karyawan di lingkungan Biro Administrasi Umum
  • Berwewenang melakukan pengelolaan penggunaan ruang kuliah dan publik.

 Tanggung Jawab

  • Bertanggung jawab pada semua jenis kegiatan di lingkungan BAU baik bersifat perencanaan maupun bersifat teknis.
  • Dalam melakukan tugas Kepala Biro bertanggung jawab kepada Rektor dan Wakil Rektor II.

 

Uraian Tugas

  1. Kepala Biro Administrasi Umum
  • Menyusun program kerja di lingkungan Biro Administrasi Umum
  • Perencanaan dan konsolidasi penyusunan SOP Umum, SOP SDM, SOP Kerumahtanggaaan dan SOP Tata Usaha
  • Perencanaan dan konsolidasi Rekruitmen dan Pengembangan SDM
  • Perencanaan dan konsolidasi pengembangan infrastuktur
  • Perencanaan dan konsolidasi birokrasi dan administrasi umum
  • Penanggung jawab pelaksanaan seluruh kegiatan di lingkungan Biro Adminsitrasi Umum
  • Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan seluruh kegiatan di lingkungan Biro Administrasi Umum
  • Mempersiapkan dan menyusun laporan pelaksanaan program kerja
  • Memberikan laporan berkala
  1. Bagian Administrasi
  • Mengagendakan surat masuk dan keluar, memberikan nomor surat, menyimpan, dan mengarsipkan surat dan dokumen lainnya
  • Mengagendakan pemakaian fasilitas untuk kegiatan Universitas maupun mahasiswa
  • Memberikan layanan administrasi umum rutin, penerbitan dan pendistribusian surat-surat kepegawaian dokumen kebijakan umum, termasuk diseminasi berbagai peraturan yang berlaku.
  • Melakukan urusan persuratan dan kearsipan termasuk penyusutan arsip
  • Memberikan layanan administrasi pengadaan dan pemeliharaan sarana, prasarana, dan inventarisasi asset
  • Memberikan layanan administrasi ketatalaksanaan
  1. Bagian SDM
  • Membuat perencanaan teknis adminsitrasi dan pengembangan serta pemeliharaan karyawan baik karyawan administratif maupun karyawan edukatif, termasuk pemutakhiran data karyawan secara periodik, memelihara akurasi, keamanan data base dan penilaian kinerja karyawan administratif.
  • Melaksanakan pengadaan karyawan administratif dan edukatif, pengangkatan, kepangkatan dan mutasi lainnya
  • Melaksanakan pengembangan karyawan administratif dan edukatif
  • Melaksanakan urusan disiplin dan pemberhentian tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
  • Melakukan monitoring secara periodik terhadap kenaikan kepangkatan karyawan administratif dan edukatif
  • Melaksanakan administrasi kepegawaian/personalia.
  1. Bagian Sarana Dan Prasarana
  • Mengkoordinir pelaksanaan  perawatan sarana, prasarana, dan inventarisasi asset
  • Mengkoordinir pelaksanaan administrasi kerumahtanggaan dan kendaraan dinas
  • Mengkoordinir pelaksanaan perawatan instalasi air, listrik, dan telepon
  • Mengkoordinir pelaksanaan pengamanan kampus dan kerapian parkir, ketertiban, dan kebersihan
  • Memberi arahan kepada para pengemudi  untuk kelancaran pelaksanaan tugas
  • Memberi arahan kepada para pelaksana kebersihan untuk kelancaran tugas
  • Melaksanakan pembinaan pegawai di lingkungan kerumahtanggaan dalam melaksanakan tugas