UMSU Lakukan Pendampingan Ke SMK SNAKMA Muhammadiyah Medan

ABSENSI PENGAJIAN 24 RAMADHAN 1442 H -BA’DA DZUHUR
6 May 2021

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melakukan pendampingan kepada SMK Swasta SNAKMA Muhammadiyah (SMK Peternakan Muhammadiyah), Tanjung Anom, yang berstatus ‘Center of Excellance’ (COE).

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melakukan pendampingan kepada SMK Swasta SNAKMA Muhammadiyah (SMK Peternakan Muhammadiyah), Tanjung Anom, yang berstatus ‘Center of Excellance’ (COE).

Sekolah yang berlokasi diperbatasan Kota Medan dan Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara itu memiliki 4 program studi, yakni agribisnis ternak unggas, agribisnis ternak rumanasia, kesehatan hewan dan agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.

Kerjasama (MoU) antara SMK Peternakan Muhammadiyah dan UMSU dilakukan oleh Kepala sekolah Ir. Nasriadi dan Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP. beberapa waktu lalu.

Menindaklanjuti MoU tersebut, Kepala SPP SNAKMA Muhammadiyah itu melakukan audiensi dengan Rektor UMSU guna memperkuatan pendampingan yang akan dilakukan.

Audiensi berlangsung, Ahad (18/7) malam secara virtual. Hadir pada audiensi itu Kepala SNAKMA Ir. Nasriadi bersama tim dan Rektor UMSU Prof. Agussani didampingi WR II Dr. Akrim, WD-3 Faperta Ir. Muhammad Thamrin, dua tim ahli UMSU (Dr. Syaiful Amri dan Dr. Widia Akasah) serta Wakil Sekretaris PWM Sumut Mutholib MM.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP menyampaikan apresiasi atas perkembangan yang dialami SPP SNAKMA Medan, terkhusus status yang diberikan Kemendikbud sebagai sekolah CEO di Sumatera Utara. Kata Agussani, bila tatakelola sekolah itu dapat lebih ditingkatkan, maka SNAKMA dapat menjadi sekolah favorit di Sumatera Utara.

Pendampingan yang akan dilakukan UMSU adalah membangun tatakelola yang lebih baik, meningkatkan kompetensi para pendidik, mendorong tersedianya fasilitas dan sarana yang mampu meningkatkan proses belajar dan mengajar sesuai dengan standar pendidikan modern.

Agussani yakin SMK Peternakan Muhammadiyah akan berkembang menjadi sekolah unggulan dan favorit di Sumatera Utara, karena sekolah ini sangat dekat dengan dunia industri, khususnya peternakan dan pertanian.

Dari audiensi antara pihak SMK Peternakan Muhammadiyah Medan dengan UMSU itu disepakati akan melakukan Memorandum of Action (MoA) dalam bidang revitalisasi  sarana praktik siswa, peningkatkan kualitas tenaga pengajar, peningkatan sarana dan prasarana serta peningkatkan sumber daya kehumasan/komunikasi.

Kerjasama antara SMK Peternakan Muhammadiyah Medan dan UMSU menjadi sebuah peluang yang besar bagi kedua institusi milik Muhammadiyah itu karena UMSU sejauh sudah memiliki Fakultas Pertanian dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang dapat menjadi mesin pendorong  akselerasi pengembangan SNAKMA ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ArabicEnglishFilipinoIndonesianMalayThai