Mendunia! UMSU Sukses Selenggarakan Debat Tingat Internasional

Tingkatkan SDM! UMSU Gelar Kuliah Umum Pengembangan Karir Dosen Bersama Kemdikbudristek
28 December 2021

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses menggelar ajang debat tingkat Internasional melalui UIDO (UMSU International Debate Open) 2021. Kompetisi debat tersebut berhasil mendatangkan 44 tim dari berbagai Negara di belahan dunia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, India, China hingga Amerika serikat. Tahun ini, UIDO digelar secara daring selama tiga hari, Sabtu-Senin, (9-11/01/2021).

UMSU International Debate Open (UIDO) merupakan pengembangan dan inovasi dari UMSU Debate Open (UDO) ajang kompetisi debat skala nasional yang pertama kali diselenggarakan UMSU pada tahun 2014. Tidak ingin berhenti di skala nasional, UMSU cetuskan UIDO ajang debat skala Internasional sejak tahun 2020.

Kesuksesan UIDO 2021 melahirkan dabaters berbakat dan juara dari penjuru dunia ialah Project Milaap berasal dari International Institute Of Information Technology, India yang berhasil meraih peringkat Champion. Disusul oleh 2YEON asal La Salle University, Singapore sebagai 1st Runner Up dan yang terakhir Mind Goblins dari Non Aviliation, United States Of America peraih Novice Champion.

“Saya merasa UIDO tahun ini sangat luar biasa, melihat dari jalannya perdebatan selama kompetisi berlangsung. Saya melihat adanya variasi ide di masing-masing debater dari beberapa negara di luar Indonesia seperti Singapura, Malaysia, India, China, bahkan Amerika,” tutur M. Ilham Firdaus Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI UMSU). Ia juga berharap UIDO di tahun berikutnya dapat terlaksana lebih baik lagi dan mengundang antusias peserta dari seluruh dunia. (pny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ArabicEnglishFilipinoIndonesianMalayThai